Google Vs Bing

Posted On 13.18 by Sugi |


Microsoft Bing adalah search engine baru dari microsoft yang baru saja diluncurkan dan saat ini masih dalam versi beta. Bing ini adalah proyek yang telah lama dikembangkan oleh microsoft yang dahulunya bernama Kumo, dan bing ini oleh microsoft memang diproyeksikan untuk menggantikan posisi windows live search dan msn search yang dianggap gagal dan sama sekali gagal menyaingi google.


Tapi pertanyaannya adalah : cukup handalkah Bing untuk dapat menyaingi google sebagai search engine terbaik ?. seperti yang kita tahu, saat ini google sudah berhasil membuat jutaan netter seakan ketergantungan terhadap hasil pencarian google yang diklaim mempunyai database link yang paling banyak diantara search engine manapun.

- Google vs Bing -

metode pencarian :
Kedua mesin pencari ini mempunyai metode pencarian yang sama.
Google dan Bing menampilkan hasil pencarian berupa link-link yang paling berhubungan atau tepat dengan keyword yang dimasukkan, kemudian menyusun deretan link mulai dari yang mempunyai 'klik' paling banyak, atau yang paling sering dibuka menurut database masing-masing.

Tampilan:
Google mempunyai tampilan awal lebih sederhana sementara bing mempunyai background fotografi pemandangan yang juga dapat berganti disaat-saat tertentu layaknya tulisan google yang kadang di 'model'.
Untuk tampilan hasil, google sepertinya kalah dari Bing, setidaknya ini menurutku :), google melakukan perkembangan setiap saat untuk memperbarui mesin pencarinya agar tidak kalah melawan mesin pencari pendatang yang lebih lengkap, dan google terkesan 'menumpuk' hasil pengembangannya diantara hasil-hasil pencariannya. pengembangan yang kumaksud disini adalah : seperti news result yang diselip, video ataupun image yang dimunculkan tidak beraturan diantara hasil pencarian yang ada.
Ini sudah diperbaiki oleh Bing, dengan menampilkan news result,image dan video yang berhubungan dideretan paling atas. serta menampilkan related search pada sebelah kiri (google menaruhnya paling bawah) sehingga terlihat rapi dan memudahkan kita untuk memperkecil area pencarian.

Hasil Pencarian:
Walaupun keduanya menampilkan hasil pencarian umum yang sama baiknya, Harus diakui bahwa google sebagai raksasa mesin pencari masih lebih unggul dalam hal jangkauan kedalaman dalam pencariannya. Google akan menghasilkan data link pencarian yang jauh lebih banyak dibandingkan Bing. sebagai contoh jika saya memasukkan kata 'Indonesia' sebagai pencarian web, maka google akan menghasikan 418.000.000 link, sementara bing menghasilkan 115.000.000.

Kesimpulan penulis:
Setelah melakukan banyak percobaan, saya merasa bing akan menjadi alternatif keduaku setelah Google. Bing juga hadir dalam bentuk sederhana dengan tampilan hasil yang sangat mirip dengan google, sehingga sangat tidak asing saat menggunakannya. dengan pengembangan yang terus dilakukan oleh microsoft, Bing akan menjadi powerful search engine yang bisa diandalkan kelak. dan dengan biaya promosi yang diklaim hingga jutaan dollar ini pastinya akan menjadi suatu produk serius dari Microsoft dan akhirnya kita sebagai netter yang tidak bisa hidup tanpa mesin pencari yang akan diuntungkan hehehe...
Sekian dulu bozz.. , komentar dan opininya ditunggu yah. :)

3 Response to 'Google Vs Bing'
  1. waroengdollar
    http://ganeroblog.blogspot.com/2009/06/google-vs-bing.html?showComment=1244527789635#c1939222608503864599'> Selasa, Juni 09, 2009 2:09:00 PM

    ok bos, semoga renovasinya cepat selesai

     

  2. Anonim
    http://ganeroblog.blogspot.com/2009/06/google-vs-bing.html?showComment=1244691448392#c4403680569138299159'> Kamis, Juni 11, 2009 11:37:00 AM

    Bing kayaknya masih lebih bagus :P

    Salam
    Zhuge Liang

     

  3. petra
    http://ganeroblog.blogspot.com/2009/06/google-vs-bing.html?showComment=1245594002000#c5666330247144159157'> Minggu, Juni 21, 2009 10:20:00 PM

    Great info bung! saya sudah coba dan gunakan Bing. Sampai saat ini masih ada plus minusnya dibanding Google! tapi info komparasi ini sangat baik untuk semua para Jagoan Internet di Indonesia!

    Sukses slalu bung! Jangan lupa mampir dan bagikan sharingnya bagi semua orang...

    www.jagoaninternet.com

     

Posting Komentar

Silahkan meninggalkan komentar anda, Trimz
kode smiley/emoticon yang bisa dipakai:
:)--> :) :P--> :P :D--> :D :))--> :))
=))--> =)) =D>--> =D>
/wahaha--> /wahaha /hihi--> /hihi
/omg--> /omg /no--> /no
/dignose--> /dignose /sweat--> /sweat
/shock--> /shock /floor--> /floor
/hmm--> /hmm /XD--> /XD
/blur--> /blur /blush--> /blush
/nobigdeal--> /nobigdea /please--> /please
/bye--> /bye

JS-Kit Comments

Share Now

Share